Selasa, 25 Juli 2017

ARDUINO FLAPPY BIRD BAB 5

Bab 5


PENUTUP


5.1 Kesimpulan

Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. Saat ini Arduino sangat populer di seluruh dunia.Otak utama dari arduino ini adalah mikrokontroler yang ditanam pada setiap serinya, setiap seri arduino menggunakan mikrokontroler yang berbeda sesuai dengan kebutuhan, misal untuk arduino uno biasanya mikrokontroler yang dipakai adalah ATMega 328 dan bahasa pemrograman yang dipakai untuk memprogram arduino adalah C.


Mikrokontroler adalah sebuah sistem kompuer fungsional dalam sebuah chip. Di dalamnya terkandung sebuah inti prosesor, memori (sejumlah kecil RAM, memori program, atau keduanya), dan perlengkapan input output. Dengan kata lain, mikrokontroler adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus, cara kerja mikrokontroler sebenarnya membaca dan menulis data. Agar sebuah mikrokontroler dapat berfungsi, maka mikrokontroler tersebut memerlukan komponen eksternal yang kemudian disebut dengan sistem minimum. Untuk membuat sistem minimal paling tidak dibutuhkan sistem clock dan reset, walaupun pada beberapa mikrokontroler sudah menyediakan sistem clock internal, sehingga tanpa rangkaian eksternal pun mikrokontroler sudah beroperasi. Yang dimaksud dengan sistem minimal adalah sebuah rangkaian mikrokontroler yang sudah dapat digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi. Sebuah IC mikrokontroler tidakakan berarti bila hanya berdiri sendiri. Pada dasarnya sebuah sistem minimal mikrokontroler AVR memiliki prinsip yang sama.


Flappy Bird adalah sebuah permainan di Android dan iOS, yang dibuat oleh seorang pengembang dari Hanoi, Vietnam bernama Nguyen Ha Dong dan diluncurkan pada bulan Mei 2013. Cara bermainnya yakni dengan mengetukkan jari ke layar ponsel pintar untuk membuat si burung terbang, melewati setiap pipa berwarna hijau. Jika waktu ketika mengetuk layar tidak tepat, maka dapat membuat si burung terbang menabrak pipa dan pada akhirnya harus mengulang permainan ini dari awal. Nguyen beralasan bahwa dia menciptakan permainan ini untuk kegiatan bersantai para pemainnya. Karakter utama permainan dengan nuansa grafis 8-bit ini adalah seekor burung. Cara memainkan Flappy Bird cukup dengan mengetuk jari ke layar untuk membuat si burung terbang. Bukan hanya sembarang terbang saja, namun tantangannya di sini adalah menjaga agar burung tersebut tidak menabrak pipa-pipa hijau dengan cara terbang melalui celah-celahnya. Pemain akan mendapat skor 1 (satu) jika berhasil melewati satu pipa. Jika waktu ketika mengetuk layar tidak tepat, maka dapat membuat si burung terbang menabrak pipa dan pada akhirnya harus mengulang permainan ini dari awal.






DAFTAR PUSTAKA


  • https://id.wikipedia.org/wiki/Arduino
  • https://ariefeeiiggeennblog.wordpress.com/2014/02/07/pengertian-fungsi-dan-kegunaan-arduino/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Flappy_Bird
  • http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/35001/Chapter%20II.pdf;jsessionid=133806610709FB8D1FE90443DEC3C04A?sequence=4
  • http://tobuku.com/docs/Arduino-Pengenalan.pdf
  • http://blog.unnes.ac.id/antosupri/pengertian-cara-kerja-dan-fungsi-transistor/
  • http://www.dien-elcom.com/2012/08/pengertian-dan-jenis-transistor.html
  • http://teknikelektronika.com/pengertian-ic-integrated-circuit-aplikasi-fungsi-ic/
  • http://belajarelektronika.net/pengertian-dan-fungsi-ic-integrated-circuit/
  • http://teknikelektronika.com/kelebihan-keterbatasan-ic-integrated-circuit/
  • http://blog.unnes.ac.id/antosupri/pengertian-push-button-switch-saklar-tombol-tekan/
  • http://fachrozyaulia.blogspot.co.id/2014/01/fungsi-jenis-jenis-dan-pengertian-dioda.html
  • http://konstelasi.com/apa-jadinya-game-flappy-bird-dibikin-secara-nyata/
  • http://www.ngarep.net/tutorial-arduino-mengakses-module-lcd-tft-2-4/
  • http://howtomechatronics.com/projects/arduino-game-project-replica-of-flappy-bird-for-arduino-on-a-tft-touch-screen/
  • https://www.youtube.com/watch?v=9I19S5RbtcY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar