Senin, 26 Oktober 2015

SOFTSKILL DOSEN GUNADARMA







Untuk Tugas Softskill kali ini saya akan membahas salah satu dosen dari kampus saya yaitu Universitas Gunadarma. Siapa lagi yang tidak kenal dengan dosen Gunadarma satu ini, nama beliau sudah beberapa kali muncul di beberapa berita. Beliau adalah bapak  Dr, rer. nat. I MADE WIYANA, SSi,SKom,MSc. Bapak I Made wiyana yang akrab dipanggil  pak Made ini mempunyai pekerjaan yang macam-macamseperti Gado=gado kalau kata orang. Jika ditanya apa profesinya, pria yang punya ciri khas mengenakan ransel kemana-mana ini lebih sering menyebutkan dirinya sebagai dosen. Namun di balik itu, ada banyak profesi digelutinya. 

"Saya sehari-hari ya begini, campur-campur kerjaannya," kelakar Made. Ya, ibarat kutu loncat, dalam satu hari penyandang gelar Doktor dari Universitas Bielefeld, Jerman ini bisa berada di banyak tempat dengan profesi berbeda. 

Pak Made adalah lulusan Universitas Indonesia Jurusan Fisika sekaligus juga lulus dari Universitas Gunadarma Jurusan Komputer. Dia melanjutkan ke program S2 yang masih berkaitan dengan ilmu komputer di Edith Cowan University, Australia. Tahun 1994, ia berhasil menuntaskan studi beasiswanya tersebut. Kembali ke Indonesia, ia mendesain kurikulum bagi program training Lembaga Pengembangan Komputer (LePKom) dan sempat mengembangkan WinBI, sistem operasi komputer berbahasa Indonesia. (Pintar sekali yaaa Dosen kita ini)

Selain mengajar,pak Made kadang disibukan dengan mengurus berbagai pertemuan atau seminar. Sebagai Koordinator Kerja Sama Luar Negeri di Universitas Gunadarma, pak Made juga aktif melakukan pertemuan untuk mencarikan beasiswa bagi para mahasiswanya.  Jika beliau sedang tidak ada di kampus, pak Made sibuk dengan tugas beliau sebagai 'cyber Paspampres'. Ia bertang­gung jawab dalam dis­ain dan pen­gelo­laan tek­nis situs Mantan Pres­i­den kita pak SBY.


Pak Made tak pernah melewatkan waktu kosongnya untuk jalan-jalan bersama sang istri tercinta Ibu Ernianti Hasibuan serta anak laki-lakinya Madhava Nitisara Wiryana. Beliau juga sesekali menyalurkan hobinya bermain musik.

"Saya suka musik, hobi ngeband. Bahkan pernah cari duit dari main musik. Jenis musiknya apa saja tergantung job. Tapi itu sih jaman dahulu kala ya. Sekarang tidak sempat. Sesekali saja lah," kata Made saat di wawancarai oleh detik.com


Selain itu beliau ktif men­jadi koor­di­na­tor beber­apa proyek pen­er­jema­han pro­gram Open Source seperti KDE, SuSE, Abi­word dan juga seba­gai advi­sor pada Trustix Merdeka, dis­tibusi Linux Indone­sia yang per­tama, serta koor­di­na­tor tek­nis WinBI dis­tro berba­hasa Indone­sia yang dispon­sori oleh BPPT.


Sekian penjelasan singkat Pak I Made Wiyana atau yang kita biasa panggil pak Made, semoga ilmu yang diberikan pak Made kepada mahasiswa dan mahasisiwinya di Gunadarma dapat bermanfaat kedepannya dan dapat melanjutkan prestasi bapak Made.








Nama     : Pating Fakhrana Hapsari Z (Rara)
NPM      : 58414408
Kelas      : 2IA14
Fakultas  : Teknologi Industri
Jurusan   : Teknik Informatika
Email      : IFCcrushlink94@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar