Selasa, 25 Juli 2017

ARDUINO FLAPPY BIRD BAB 1

COVER





KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan taufik nya, dan tidak lupa juga dengan penyusunan buku ini sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan buku ini dengan judul Game Flappy Bird Menggunakan Arduino. Harapan kami semoga buku ini dapat membantu dan memberi wawasan yang lebih luas tentang Arduino dengan menggunakan software yang akan dibahas. Buku ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan buku ini. Terima kasih kepada rekan rekan kelompok dalam pengerjaan penulisan ini, berkat bantuannya dan semangat dalam penulisan ini, buku ini telah selesai dengan baik, dan terima kasih untuk Dr. rer. Nat. I Made Wiryana, Skom, SSI, MAppScc telah memberikan kesempatan dalam menyelesaikan penulisan dengan konsep yang di berikan, semoga menjadi bermanfaat.




Bab 1

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Melihat perkembangan game saat ini kita bisa melihat bahwa game-game yang dihadirkan dalam masyarakat banyak yang mengabaikan sisi edukasi, padahal edukasi itu penting dalam kehidupan terutama untuk anak-anak. Oleh karena itu, banyak orang yang berfikir khususnya para orangtua bahwa game selalu memberikan dampak negatif bagi anak-anak. Tetapi jika kita bisa melihat sebenarmya tidak semua game selalu memberikan dampak negatif, saat ini tidak sedikit game yang mementingkan sisi edukasi. Salah satu contohnya adalah Game Flappy Bird berbasis Arduino.

Game bergenre Arcade ini Jika dilihat dari visual game, banyak orang mengira bahwa game ini dikhususkan untuk anak-anak karena desain yang sederhana. Tetapi sebenarnya tidak, game ini juga dapat dimainkan oleh semua golongan dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa, dikarenakan untuk memainkan game ini perlu fokus, konsentrasi, ketepatan dan kesabaran yang tinggi untuk bisa menyelesaikannya.

Game merupakan salah satu hal yang sangat diminati oleh masyarakat, seiring perkembangan jaman saat ini berbagai game sangat mudah dijumpai, serta game ini dimainkan tidak hanya menggunakan gadget melainkan menggunakan Arduino. Arduino juga merupakan platform hardware terbuka yang ditujukan kepada siapa saja yang ingin membuat purwarupa peralatan elektronik interaktif berdasarkan hardware dan software yang fleksibel dan mudah digunakan. Sehingga para development game dapat memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut untuk membuat sarana edukasi melalui game. Hal ini menjadi daya tarik penulis untuk menganalisis Game Flappy Bird dengan Arduino.


1.2 Batasan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis memberikan perumusan masalah sebagai berikut :


  1. Apa itu Game Flappy Bird?
  2. Apa yang dimaksud Arduino?
  3. Apa yang dimaksud Mikrokontroler?
  4. Apa perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan untuk pembuatan Game Flappy Bird?
  5. Bagaimana penerapan alat yang dipakai dalam pembuatan Game Flappy Bird?



1.3 Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka yang menjadi tujuan pembahasan dalam buku ini adalah sebagai berikut:


  1. Untuk mengetahui tentang Game Flappy Bird.
  2. Untuk mengetahui tentang Arduino.
  3. Untuk mengetahui tentang Mikrokontroler.
  4. Untuk mengetahui perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan untuk membuat Game Flappy Bird.
  5. Untuk mengetahui penerapan alat yang dipakai dalam pembuatan Game Flappy Bird.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar