Selasa, 25 Juli 2017

ARDUINO FLAPPY BIRD BAB 3

Bab 3


IMPLEMENTASI

3.1 Memulai untuk pemrograman LCD TFT 2.4

Bahan yang perlu dipersiapkan :


  • Arduino Uno
  • Komputer + Software IDE Arduino
  • Module LCD TFT 2.4 tipe MCUFriends
  • Libraries : Mcufriend_kbv_2.90 & Adafruit-GFX-Library-master

Hal yang pertama dilakukan yaitu mendownload default library diatas. Setelah file di download, semua library yang dibutuhkan kemudian ekstrak menggunakan aplikasi “Winrar/Winzip” dan dicopykan master folder yang ada di dalamnya ke dalam folder ‘libraries‘ yang ada pada directory installer Arduino IDE.

Peletakan Library pada OS :


  1. Mac : (home directory)/Documents/Arduino/libraries
  2. PC (Windows) : My Documents -> Arduino -> libraries
  3. Linux : (home directory)/sketchbook/libraries


Tutorial pertama yaitu menggunakan file example “graphictest_kbv” digunakan untuk trial performa dari LCD dalam hal warna dan transisi. Pada trial graphic sementara ini diabaikan akan fitur Touchscree-nya.

Tutorial kedua yaitu menggunakan file example “Touch_shield_kbv” digunakan untuk trial warna dengan penambahan fungsi layar sentuh dari module ini.

Pada test ini akan disuguhkan dengan sebuah layar untuk berkreasi mewarnai dengan beberapa pilihan warna pen.

Kemudian tuliskan code untuk arduino gamenya, dengan menggunakan perpustakaan UTFT dan URTouch yang dibuat oleh Henning Karlsen. Anda dapat mendownload perpustakaan ini dari situs webnya, www.RinkyDinkElectronics.com. Juga kita akan menggunakan perpustakaan EEPROM untuk menyimpan nilai tertinggi di EEPROM. EEPROM adalah memori yang dapat menyimpan data bahkan saat board dimatikan.

Setelah kita memasukkan perpustakaan kita perlu membuat objek UTFT dan URTouch serta menentukan variabel yang dibutuhkan untuk permainan. Di bagian penyiapan, kita perlu memulai tampilan dan sentuhannya, membaca skor tertinggi dari EEPROM dan memulai permainan menggunakan fungsi kustom initiateGame ().


TBC :: DL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar